Selasa, 21 Februari 2017

Apakah Guru BK Bertugas sebagai Penghukum di Sekolah?



Seringkali di dalam dunia pendidikan, siswa/siswi mengartikan guru BK sebagai guru penghukum siswa/siswi yang tidak taat terhadap peraturan sekolah. Guru BK hanya memposisikan dirinya sebagai guru yang senang sekali memanggil siswa/siswi yang bermasalah, memintanya hadir di ruang BK dan mengintrogasi siswa dengan pertanyaan-pertanyaan panjang yang kemudian berujung pada surat pemanggilan orang tua wali murid dan memberikan sanksi seuai dengan peraturan yang ditetapkan di sekolah.
Adapun guru BK yang sebenarnya memiliki fungsi membantu kepala sekolah beserta stafnya di dalam menyelenggarakan kesejahteraan sekolah (schoolwelfare). Adapun tugas seorang guru BK dalam buku karangan Prof. Dr. Bimo Walgito  yang berjudul Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir) adalah:
1.      Mengadakan penelitian ataupun observasi terhadap situasi atau keadaan sekolah, baik mengenai peralatan, tenaga, penyelenggaraan maupun aktivitas-aktivitas yang lain.
2.      Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pembimbing berkewajiban memberikan saran-saran ataupun pendapat kepada kepala sekolah ataupun kepada staf pengajar yang lain demi kelancaran dan kebaikan sekolah.
3.      Menyelenggarakan bimbingan terhadap anak-anak, baik yang bersifat preventif, preservative maupun yang bersifat korektif atau kuratif.
a.       Yang bersifat preventif yaitu dengan tujuan menjaga jangan sampai anak-anak mengalami kesulitan, menghidnarkan hal-hal yang tidak diinginkan.
b.      Yang bersifat preservative ialah usaha untuk menjaga keadaan yang telah baik agar tetap baik, jangan sampai keadaan yang baik menjadi keadaan yang tidak baik.
c.       Yang bersifat korektif ialah mengadakan konseling kepada anak-anak yang mengalami kesulitan yang tidak dapat dipecahkan sendiri dan yang membutuhkan pertolongan dari pihak lain.
4.      Kecuali hal-hal tersebut di atas, pembimbing dapat mengambil langkah-langkah lain yang dipandang perlu demi kesejahteraan sekolah atas persetujuan kepala sekolah.

Salah satu tugas guru BK adalah membimbing siswa/siswi yang memang memiliki permasalahan atau bahkan memberi bimbingan kepada siswa agar tidak mendapat masalah di sekolah. Dari penjelasan di atas, tentu kita berpikir bahwa tugas seorang guru BK sangatlah berat. Oleh karena itu, guru BK harusalah memiliki kecakapan baik yang bersifat intelektual maupun syarat yang lain. Namun taukah kamu, bahwasannya tugas dari guru BK tersebut juga merupakan tugas guru yang lainnya, meskipun tidak bisa di klasifikasikan secara jelas seperti tugas guru BK di atas.
Guru ideal kaitannya dalam dunia pendidikan adalah guru yang mampu menyampaikan materi pelajaran secara baik serta mampu mengantarkan siswa ke dalam pendidikan yang sesungguhnya, dimana memiliki pengetahuan yang luas serta dibarengi dengan akhlak mulia di dalamnya. Oleh karena itu, guru kelas sebaiknya juga selalu memberikan bimbingan dan nasehat kepada siswa/siswi baik di dalam kelas maupun di luar kelas, agar siswa/siswi tidak masuk ke dalam jurang hitam dunia pendidikan.
Dari penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa guru BK lebih memiliki fokus tugas seperti mengadakan penelitian atau observasi terhadap suatu permasalahan di sekolah, barulah dikaji dan ditangani sesuai dengan permasalah yang ada. Sedangkan untuk tugas membimbing, menasehati, dan lain sebagainya adalah tugas seluruh jajaran guru di sekolah. Dengan demikian, lingkungan pembelajaran di sekolah akan lebih terlihat damai karena berkurangnya permasalahan yang ada, baik permasalahan internal, ataupun eksternal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar