Selasa, 21 Maret 2017

Kamu Punya Masalah di Sekolah? BK jawabannya

Situasi yang semakin global di dunia ini membuka peluang berbagai pihak mencapai tingkat kehidupan yang lebih sempurna. Situasi global tersebut memiliki dampak positif maupun dampak negatif bagi anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan orang tua sekalipun. Hal tersebutlah yang mewajibkan kita agar bisa cerdas dalam dalam.memilih kehidupan pada situasi saat ini.

Berdasarkan data yang dikutip dari badan pusat statistik tentang kenakalan pelajar, setiap tahun grafik kejahatan pelaja remaja terus beranjak naik. Padahal sudah banyak kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah untuk mengatasi masalah ini, tetapi hasilnya belum signifikan.

Lantas bagaimana peran sekolah terhadap kasus-kasus demikian? Apakah sekolah hanya mengalihkan tangankan pernasalahan tersebut kepada pihak yang berwajib, ataukah berusaha menyelesaikannya dan berusaha mencegah masalah tersebut datang kembali?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang permasalahan tersebut, kita harus paham betul siapakah pihak yang bertanggung jawab atas permasalahan yang dihadapi oleh para pelajar di sekolah. Jawabannya adalah para guru yang ada di sekolah, baik guru kelas, guru mata pelajaran, guru BK atau bahkan kepala sekolah sekaligus.dalam hal ini sebenarnya sebuah permasalahan atau usaha mencergah timbulnya suatu permasalahan dapat dibiarakan oleh smeua guru di sekolah tidak memandang status ataupun jabatan dari guru tersebut.

Namun akan lebih baiknya jika yang menangani permasalahan tersebut adalah ahli dari bidang tersebut, seperti guru BK. Guur BK akan melayani siswa siswi yang memiliki masalah ataupun hanya sekedar sharing belaka. Adapun penjelasan mengenai jenis-jenis layanan yang diberikan oleh guru BK terhadap siswa siswinya sangatlah beragam. berikut merupakan contoh-contoh dari jenis layanan Bimbingan Konseling, yaitu:

a.       Layanan Orientasi
Merupakan layanan yang memungkinkan klien memahami lingkungan yang baru dimasukinya sehingga mempermudah dan memperlancar dalam masa adaptasinya dengan lingkungan barunya.
b.      Layanan Infomasi
Merupakan layanan yang memungkinkan klien mampu menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat digunakan sebagai baha pertimbangan dalam melakukan sesuatu keputusan.
c.       Layanan Penempatan
Merupakan layanan peserta didik agar mampu memperoleh wadah yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga mampu mencapai prestasinya.
d.      Layanan Pembelajaran
Merupakan layanan dalam mengembangkan diri dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik.
e.       Layanan Konseling Individu
Merupakan layanan yang memungkinkan klien mendapatkan pelayanan secara langsung oleh konselor dalam rangka  pembahasan dan pengentasan klien dalam masalah pribadinya.
f.       Layanan Bimbingan Konseling
Merupakan layanan yang mengacu pada aktivitas-aktivitas kelompok yang berfokus pada penyediaan informasi ataupun pengalaman melalui aktivitas kelompok yang telah terencana.

 Setelah memahami tentang jenis-jenis layanan! BK, barulah akan dipahami kemana pelajar akan mendapatkan pelayanan sehingga masalahnya akan segera terselesaikan lewat pihak yang dianggap lebih mengetahui cara menyelesaikan permasalahan tersebut dengan efektif dan efisien. Namun ditekankan sekali lagi, bahwasannya guru BK tidak memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi siswa, siswalah yang akan menjawabnya sendiri namun dengan saran dari guru BK.

1 komentar:

  1. T-Shirt - T-Shirt - T-Shirt - T-Shirt - T-Shirt - T-Shirt.com
    T-Shirt. T-Shirt. Regular titanium ore terraria price $38.50 USD. titanium build Free titanium nipple rings shipping. No returns. Regular price $39.50 titanium flat iron USD. titanium trim hair cutter $39.50 USD. Default Title

    BalasHapus