Selasa, 25 April 2017

LAYANAN KHUSUS DARI BK BAGI SISWA PECANDU NARKOBA

Sering kali manusia dalam kehidupan ini melakukan tindakan yang keluar dari nilai dan norma hukum yang ada di negaranya atau bahkan agamanya. Di Indonesia sendiri, telah banyak ditemui banyak kasus mengenai hal tersebut. Salah satunya adalah para pecandu narkoba. Dimana mereka hidup namun mati. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan telah berkurangnya atau matinya system yang ada di dalam tubuh, baik system saraf pusat ataupun system yang mengacu pada sifat kemanusiaannya.

Tentu saja banyak sekali pecandu narkoba yang berhasil diidentifikasi pengenalnya, asalnya, dan lain sebagainya, namun tidak jarang juga masih banyak pecandu narkoba di luar sana yang masih sembunyi-sembunyi menyimpan kejahatan. Pecandu narkoba tidak bisa dikatakan sebagai tersangka saja tapi mereka juga dikatakan sebagai korban. Hal tersebut karena para pecandu narkoba melakukan kejahatan kepada dirinya, yang menjadikan dirinya sebagai korban kejahatan atas dirinya sendiri. Akhirnya setelah mereka memperoleh suatu hidayah mereka akan merasakan penyesalan yang teramat besar.

Perlu kita ketahui bahwa kasus narkoba di Indonesia tidak lagi sedikit. Banyak cara yang sangat jitu dalam memasarkan barang haram yang sangat berbahaya tersebut. Salah satu tempat pemasaran dari narkoba adalah di sekolah, tepatnya kepada para pelajar baik itu tingkat sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas, ataupun mahasiswa di perguruan tinggi. Bagi tersangka hal tersebut tidak menjadi suatu usaha yang sangat sulit karena banyak sekali cara dalam memasarkan narkoba tanpa harus bersusah payah.

Adapun siswa yang telah ketahuan menggunakan barang haram tersebut tentu memerlukan suatu wadah yang mampu mengantarkan mereka kepada jalan yang benar kembali. Salah satu wadah yang memiliki andil dalam hal tersebut adalah guru BK (Bimbingan Konseling). Namun berdasarkan tingkatannya, Kasus narkoba merupakan kasus yang tidak ringan lagi, atau termasuk kategori berat oleh karena itu guru BK (Bimbingan Konseling) membutuhkan suatu layanan khusus yang mampu membantu mereka yang sedang membutuhkan bimbingan dan layanan yang baik dan tentu saja memahami kondisi dari mantan pecandu narkoba.

Adapun Layanan khusus bagi anak beresiko pecandu narkoba diantaranya yaitu dalam bentuk Konseling indivual, Bimbingan kelompok, dan Konseling keluarga. Ketiga layanan khusus tersebut saling berhubungan erat satu sama lain. Dimana satu layanan tidak akan dikatakan berhasil apabila satu layanan yang lain tidak mampu dilaksanakan. Oelh karena itu bituh sekali banyak pihak sehingga ketiga layanan khusus tersebut dapat erjalan dengan maksimal. Diantaranya yang mampu memberikan peran bagi para pecandu narkoba adalah, guru BK (Bimbingan Konseling), diri sendiri (para ecandu narkoba), masyarakat sekitar, dan yang paling penting adalah keluarga pecandu narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar